Rabu, 18 Januari 2012

PKL YADIKA 13 in puskom UPNVJ






ThaiSEKILAS PUSKOM

Teknologi komputer mulai diperkenalkan ke UPNVJ pada tahun 1980. Pusat Pengolahan Data UPNVJ diresmikan sekitar tahun 1995 dengan nama PUSKOM. Sistem komputer yang digunakan di PUSKOM digunakan untuk mengolah data penerimaan calon mahasiswa baru. UPNVJ adalah salah satu kampus yang sedang berusaha mengembangkan sistem informasinya agar terintegrasi di tingkat universitas. Sehingga dapat melayani kebutuhan sivitas akademika dalam pelaksanaan kegiatannya.

Kerangka Konseptual Rancang bangun Pusat Sistem Informasi Universitas Arah dan Pedoman Kerja mengacu kepada Regulasi/Kebijakan Surat Keputusan Rektor Nomor : SKEP/07/III/2006 tanggal 9 Februari 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Komputer UPT Komputer UPNVJ. Khususnya Pasal 3 tentang Kedudukan, Pasal 4 tentang Tugas Pokok dan Fungsi. Langkah awal dari arahan Pasal 3 dan Pasal 4 tersebut diatas, Puskom mengawali program kerjanya “Membangun Jaringan WiFi/HOTSPOT dan Pengembangan Situs UPNVJ yang mengacu kepada Rencana Pelaksanaan Kegiatan Nomor : RENLAGIAT/001/VII/2006/PK tentang Pembangunan Jaringan WiFi/ Hotspot dan Pengembangan Situs UPNVJ yang diperbaharui dengan Keputusan Ketua Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan SKEP/19/YKPP/III/2008 tanggal 5 Maret 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Komputer UPNVJ tentang kedudukan UPT Puskom di lingkungan UPNVJ.


Visi :
Membangun UPN "VETERAN" Jakarta mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi berbasis IT


Misi :
Membangun infrastruktur UPN "VETERAN" Jakarta yang mampu memberikan kepada Mahasiswa selaku pengguna system
  • Jangka Pendek
- - Perbaikan Infrastruktur yang menunjang Pengembangan
- - Perbaikan Struktur Website
- - Perencanaan Penambahan Bandwith
- - Perencanaan Perbaikan Server
- - Pelatihan Intern dalam rangka maintenance dan pemeliharaan SIM
- - Pelatihan Ekstern :
o Pengolahan Perpustakaan
o Pengelolaan E-Learning
o Pengelolaan Data Alumni
o Pelatihan Operator SIM-AK
o Sosialisasi Website
o Pelatihan User E-learning
§ Dosen
§ Mahasiswa
  • Jangka Menengah
PUSKOM dalam menjalankan aktifitasnya di tuangkan kedalam program kerja yang di susun dalam rencana strategis (RENSTRA). Hal ini di perlukan agar kegiatan PUSKOM dapat di ukur kinerjanya sehingga perlu adanya dasar dalam pelaksanaan tugas.  Renstra yang disusun selama 5 tahun yang akan menuangkan target capaian yang diinginkan oleh PUSKOM untuk meningkatkan pelayanan kepada sivitas akademika.
Pembenahan terhadap sistem informasi yang ada sangat di perlukan karena berkaitan dengan kebijakan dan aturan yang terkait dari level universitas, fakultas dan jurusan. Aturan kebijakan tersebut harus di buat eligibilitasnya sehingga semua satker memiliki panduan yang baik untuk melakukan aktifitas kegiatannya. Aplikasi yang sudah ada dibuatkan format standar berikut data yang bisa di implementasikan ke semua satker terutama fakultas untuk sistem informasi akademiknya, sehingga keterpaduan sistem informasi yang terintegrasi dapat di laksanakan dengan baik. Mengapa hal ini perlu dilakukan  :
1) Agar sistem informasi yang belum dikembangkan sudah memiliki format data yang standar sehingga memudahkan konversi data.
2) Sistem informasi yang sudah ada di masing-masing satker dapat dibuatkan interface ke data warehouse, untuk sistem informasi yang sulit dibuat interfacenya berarti teknologi sistem informasi sudah absolete artinya perlu di rekayasa ulang dengan menggunakan teknologi informasi yang baru.
Strategi pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi
1) Merancang dan membangun data warehouse beserta Sistem Informasi Penjaminan Mutu dan Sistem Informasi Tatakelola dan Organisasi.
2) Mengembangan Aplikasi berbasis web untuk memberikan layanan  eksternal kepada pemangku kepentingan.
3) Merancang aplikasi manajemen jaringan untuk dapat memonitoring aktifitas kegiatan user.
4) Pembuatan SOP di tingkat PT untuk layanan internal maupun eksternal sehingga dapat dibuat format standar untuk sistem informasi
Adapun tahapan yang dilakukan oleh dalam peningkatan penguatan PUSKOM  adalah :
Waktu
Program Kerja
Tahun 2008
· Peningkatan layanan kepada user terutama mahasiswa dan dosen melalui peningkatan kapasitas bandwidth, semula 128kbps menjadi 256 kbps menggunakan leased line dedicated bekerjasama dengan PT. Telkom.
· Pembenahan infrastruktur jaringan nirkabel yang menghubungkan antar fakultas di lingkungan UPNVJ untuk mendukung aplikasi sistem yang terintegrasi.
· Implementasi aplikasi akademik, dengan Fakultas Ekonomi sebagai pilot project, selanjutnya secara bertahap diterapkan ke semua fakultas yang ada di UPNVJ.
· Pembenahan aplikasi penmaru yang terintegrasi dengan PUSKOM untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi biro kemahasiswaan.
· Pengembangan aplikasi penmaru yang telah ada dan menyiapka perangkat evaluasi aplikasi penmaru.
Tahun 2009
· Peningkatan layanan kepada user (mahasiswa, dosen dan stakeholders) melalui kapasitas bandwidth untuk memenuhi rasio kecukupan antara jumlah mahasiswa dengan bandwidth yang dimiliki sebesar 512 kbps
· Peningkatan Layanan akademik melalui sistem dan aplikasi akademik guna mendukung kebutuhan data laporan EPSBED dan Borang Akreditasi
· Penataan Infrastruktur jaringan dengan pembentukan domain/subnet di masing-masing satker yang terintegrasi dengan PUSKOM.
· Peningkatan kualitas SDM Puskom dengan memberikan pelatihan IT ke luar.
· Pengembangan aplikasi keuangan untuk mendukung biro keuangan dalam pelaksanaan tugas yang terintegrasi dengan BANK BNI untuk memudahkan pembayaran mahasiswa.
· Pengadaan H/W untuk Proxy Server, Mail Server, File Server dan komputer client, pengadaan kabel builden, Switch, manageble switch.
· Pengadaan S/W licency untuk Campus Agreement dan S/W antivirus untuk server dan client.
Tahun 2010
· Peningkatan kapasitas bandwidth untuk memenuhi rasio kecukupan antara jumlah mahasiswa dengan bandwidth yang dimiliki sebesar 1 Mbps.
· Penataan Infrastruktur jaringan dengan membangun backbone agar akses data dan informasi menjadi cepat dan mengurangi terjadinya tumbukan data.
· Peningkatan Situs UPNVJ agar dapat memberikan layanan kepada alumni sehingga bisa melakukan tracer study.
· Rekruitmen pegawai untuk PUSKOM disesuaikan dengan kebutuhan untuk regenerasi/ kaderisasi.
· Pengembangan Aplikasi SDM agar bisa di monitoring oleh bagian kepegawaian untuk payroll dan DSS untuk level pimpinan.
Tahun 2011
· Peningkatan layanan kepada user melalui peningkatan kapasitas bandwidth untuk memenuhi rasio kecukupan antara jumlah mahasiswa dengan bandwidth yang dimiliki sebesar 2 Mbps
· Pengembangan aplikasi untuk Penjaminan Mutu dan Aset.
· Peningkatan konten dan isi dari portal UPNVJ yang dinamis.
Tahun 2012
· Peningkatan layanan kepada user melalui peningkatan kapasitas bandwidth untuk memenuhi rasio kecukupan antara jumlah mahasiswa dengan bandwidth yang dimiliki sebesar 4 Mbps.
· Peningkatan layanan kepada mahasiswa, dosen dan stakeholder berbasis web yang terhubung ke internet.
· UPNVJ masuk dalam jaringan INHERENT
  • Jangka Panjang
- Blueprint IT UPN VJ

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

  • Yang Sedang dikerjakan/Saat ini
- Pengembangan SIM UPN bekerjasama dengan PT. Gerbang
- Pengembangan E-Learning bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer
- Pengembangan Situs Alumni bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer

  • Yang Telah dikerjakan
-                - Sistem E-learning
-                - Sistem E-Library
-                - Sistem Pengolahan Data Alumni
-                - Sistem Informasi Akademik

-                - Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru



Tidak ada komentar:

Posting Komentar